Henry Cavendish Penemu Hidrogen yang Sangat Pemalu

Henry Cavendish Penemu Hidrogen yang Sangat Pemalu

Siapa bilang seorang ilmuwan tidak bisa memiliki sifat yang sangat pemalu? Buktinya adalah seorang ilmuwan Henry Cacendish yang dikenal dalam menemukan hidrogen. Ia memiliki sifat yang sangat malu dan tertutup. Lalu, sebenarnya, seperti apasih biografi dari Henry Cacendish ini?

Kehidupan Ilmuwan Henry Cavendish

Ilmuwan Henry Cavendish merupakan seorang ahli dalam bidang kimia. Ia dilahirkan pada 10 Oktober 1731 di Inggris. Ayahnya bernama Lord Charles Cavendish sementara itu ibunya sendiri bernama Lady Anne Gray. Henry Cavendish merupakan salah seorang keturunan bangsawan Inggris pada saat itu yang berhasil menjadi seorang ilmuwan dimasa tuanya.

Saat berumur 2 tahun, ibu dari ilmuwan Henry Cavendish harus meninggal dunia. Dan setelah kematian ibunya, ia dan saudara laki-lakinya dibesarkan seorang diri oleh ayahnya yaitu, Lord Charles Cavendish. Ayahnya memasukkan Henry pada sebuah sekolah pastur di umurnya yang menginjak 11 tahun di daerah Hackney dekat dengan London.

Untuk bidang pendidikan, tidak ada informasi lebih lanjut dimana ia melanjutkan sekolahnya, hanya saja menurut beberapa sumber, hingga kematiannya, ilmuwan Henry Cavendish dikenal memiliki almamater di University of Cambridge, Inggris.

Walaupun dikenal sebagai seorang ilmuwan besar pada abad ke 18, nyatanta ilmuwan Henry Cavendish merupakan seorang yang sangat pemalu semasa hidupnya. Ia dikenal sangat pemalu dan juga memiliki kepribadian yang sangat pendiam untuk ukuran seorang ilmuwan yang sangat terkenal.

Ia dikenal sebagai orang yang jarang sekali berkumpul dengan prang lain, yang mana ia ingin selalu sendiri, bahkan hingga kematiannya, ia menghabiskan waktu-waktu terakhirnya seorang diri. Hal ini juga berlaku untuk hubungan asmara, semasa hidupnya ilmuwan Henry Cavendish dikenal tidak pernah menikah dengan seorang wanitapun. Hal ini juga disampaikan oleh  penemuan surat yang menyatakan bahwa Henry Cavendish tidak pernah menikah selama hidupnya.

Perjalanan Karir Ilmuwan Henry Cavendish

Perjalanan karir sebagai seorang ilmuwan, dimulai pada tahun 1760-an ketika saat itu ia bergabung dengan Royal Society of London. Yang mana ini merupakan sebuah organisasi yang didirikan pada tahun 1660 di Inggris yang bergerak dalam bidang ilmu pengetahuan yang ada di Inggris pada masa itu.

Selama bergabung dengan Royal Society of London itulah ilmuwan Henry Cavendish banyak terlibat dengan usaha dan kontribusi terhadap bidang ilmu pengetahuan alam khususnya pada bidang kimia.

Ditahun 1766 selang 6 tahun bergabung dengan Royal Society of London, ilmuwan Henry Cavendish berhasil menemukan unsur hidrogen, dan penemuan ini menjadi salah satu kontribusi terbesarnya dalam bidang keilmuan kimia hingga saat ini.

Ditahun 1781, ilmuwan Henry Cavendish berhasil menjadi orang pertama yang mampu mengenali dan mengetahui gas hidrogen, akan tetapi saat itu ia masih mengidentifikasikan gas itu sebagai sebuah udara yang mudah terbakar, dan hasil penelitiannya pun menunjukkan bahwa gas ini mampu menghasilkan air ketika dibakar.

Di tahun 1783, ilmuwan lain yaitu, Antoine Lavoisier melakukan percobaan ulang bersama ilmuwan Laplace mengenai temuan Henry Cavendish yaitu, udara yang menghasilkan air ketika dibakar. Dan saat itulah, Antoine Lavoisier akhirnya memberikan julukan kepada unsur yang ditemukan oleh Henry Cavendish tersebut dengan sebutan Hidrogen yang berasal dari gabungan bahasa Yunani, hydro yang memiliki arti air, dan juga genes yang memiliki arti membentuk.

Kemudian, pada sekitar tahun 1785, ilmuwan Henry Cavendish melakukan sebuah penelitian https://online2pharmacy.com yang melibatkan unsur kima. Dimana penelitiannya saat itu mmeneliti komposisi kimia dari udara atmosfer yang mana penelitian tersebut menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa udara pada umumnya terdiri dari 4 bagian nitrogen dan 1 bagian dari oksigen.

Selain itu, ia juga berhasil untuk merumuskan sebuah “Cavendish Experiment” yang mana dalam penelitian ini ia menghitung berat atau massa dari bumi. Ini juga menjadi sebuah terobosan terbesar yang telah ia lakukan dalam bidang kimia.

Terobosan dari ilmuwan Henry Cavendish dalam bidang kimia juga tidak berhenti sampai disitu saja, yang mana ia juga berhasil untuk menemukan dasar dari teori yang digunakan dalam medan listrik dan juga ide potensial dari listrik. Selain itu, perlu diketahui juga bahwa sebenarnya Henry Cavendish juga memegang kontribusi yang besar dalam penemuan hukum yang nantinya akan disebut sebagai hukum Coulomb dan juga hukum Ohm.

Akan tetapi sayangnya tulisan yang ia tulis mengenai hukum tersebut baru ditemukan satu abad setelahnya, dan Charles Augustin de Coulomb dan juga George Simon Ohm yang akhirnya diakui sebagai penemu dari hukum tersebut.

Dengan kotribusinya yang besar dalam bidang kimia, dan juga penelitiannya engenai karbon dioksida dan bidang kimia lain, ilmuwan Henry Cavendish dianugerahi sebuah penghargaan yaitu, Medal Copley dari Royal Society of London.

Nah, itulah biografi dari ilmuwan Henry Cavendish, semoga bisa mengurangi rasa pensaran Anda tentang sosok ilmuwan yang pemalu ini ya!