Eksperimen Sederhana Sains Yang Dapat Dilakukan Dirumah

Eksperimen Sederhana Sains Yang Dapat Dilakukan Dirumah

Kebanyakan anak saat ditanya, pelajaran apa yang paling susah di sekolah? Pelajaran kimia adalah salah satu jawaban terbanyak. Dengan berbagai alasan, kimia dan ilmu sains lainnya menjadi pelajaran yang paling dimusuhi di sekolah. Menyikapi hal tersebut, beberapa eksperimen sederhana sains berikut ini bisa dilakukan di rumah untuk mengubah cara belajar sains yang lebih asyik dan seru.

Beberapa eksperimen sederhana sains yang patut dicoba di rumah

Sebelum mencoba eksperimen sederhana sains, kamu tetap harus memiliki pengetahuan dasar mengenai zat-zat yang akan digunakan nantinya. Percobaan ini hanya memerlukan bahan-bahan yang sederhana saja dan bisa ditemukan dengan mudah di sekitar kamu. Jadi jangan khawatir uang jajan kamu jadi menipis ya sobat.

Meskipun eksperimen yang dilakukan ini tergolong sederhana namun tetap membutuhkan pengawasan dari orang tua atau orang dewasa untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena beberapa bahan yang digunakan pada eksperimen sederhana sains ini termasuk zat yang keras.

  • Bunga berwarna-warni

Pada umumnya bunga hanya memiliki warna putih, merah atau kuning. Seperti bunga mawar, yang paling mudah ditemukan adalah mawar putih atau merah. Namun dengan melakukan eksperimen sederhana sains ini, kamu bisa mendapatkan mawar berwarna-warni sesuai dengan keluaran togel singapura keinginanmu.

Bahan yang dibutuhkan :
– mawar putih atau anyelir atau bunga lainnya sesuai dengan keinginanmu
– pewarna makanan
– gelas ukuran sedang
– air
– cutter

Cara pembuatan :

  1. Hilangkan semua daun yang masih menempel di tangkai lalu potong tangkai kira-kira 10 cm lebih tinggi dari gelas yang digunakan.
  2. Isi gelas dengan air sampai setengah penuh lalu teteskan pewarna makanan ke dalam masing-masing gelas.
  3. Lalu celupkan masing-masing satu tangkai bunga mawar ke dalam masing-masing gelas hingga setengah tangkai terendam air.
  4. Diamkan selama 2 sampai 3 jam. Bunga mawar warna warni yang cantik siap untuk dipajang.

Adanya perubahan warna-warni dari warna dasar putih pada bunga dikarenakan adanya daya kapilaritas, yaitu peristiwa naik turunnya permukaan zat cair pada pipa kapiler. Sehingga tangkai yang berfungsi sebagai pipa kapiler dapat menyerap zat cair berupa air berwarna.

  • Telur terapung

Fenomena kapal yang beratnya ribuan ton bisa berlayar di atas air merupakan kejadian yang luar biasa. Eksperimen telur terapung berikut bisa memberikan sedikan pencerahan dibalik fenomenal kapal layar.

Alat dan bahan :
– tiga butir telur mentah
– tiga buah gelas dengan ukuran sama
– garam dapur secukupnya
– air

Cara pembuatan :

  1. Tuangkan air ke dalam tiga gelas secara merata.
  2. Campurkan garam ke dalam 2 gelas dimana takaran gelas yang satu lebih banyak dari yang lainnya.
  3. Masukkan telur ke dalam masing-masing gelas secara perlahan-lahan. Maka akan terlihat telur dengan posisi mengapung, tenggelam dan melayang.

Eksperimen di atas membuktikan bahwa massa jenis air mempengaruhi benda yang masuk ke dalam air. Seperti halnya telur, kapal laut juga dibuat dengan rongga udara sehingga dapat mengapung di lautan.

  • Menulis pesan rahasia

Siapa yang masa kecilnya suka main rahasia-rahasiaan? Percobaan menulis pesan rahasia sangat menyenangkan untuk dilakukan dan berguna juga dalam suatu penyelidikan. Eksperimen sederhana sains yang satu ini sangat mudah dilakukan.

Alat dan bahan :
– perasan air lemon
– air
– lilin atau lampu
– cotton bud
– kertas putih biasa
– pisau dan sendok
– wadah atau mangkuk

Cara pembuatan :

  1. Campurkan perasan air lemon dan air di dalam mangkuk dengan porsi yang sama.
  2. Celupkan cotton bud ke dalam campuran air dan lemon yang digunakan sebagai pengganti tinta rahasia.
  3. Tuliskan kata-kata di atas kertas putih dengan cotton bud tersebut. Tunggu hingga tulisan mengering.
  4. Nyalakan lilin dan letakkan kertas berisi tulisan tersebut di atas lilin yang menyala. Jangan terlalu dekat.
  5. Kertas putih tersebut akan menampakkan tulisan yang tersembunyi.
  • Gunung meletus

Gunung meletus merupakan fenomena alam yang kerap terjadi di Indonesia. Saat gunung meletus, akan mengeluarkan lahar panas berwarna merah yang bisa membakar apa saja yang dikenainya. Eksperimen sederhana sains berikut dapat menjadi replika terjadinya gunung meletus.

Alat dan bahan :
– soda kue
– tanah liat atau plastisin
– cuka
– pewarna makanan berwarna merah
– gelas
– air

Cara pembuatannya :

  1. Siapkan plastisin atau tanah liat kemudian bentuklah menyerupai bentuk gunung dengan ukuran kecil saja. Beri lubang di tengahnya untuk wadah cairan laharnya.
  2. Siapkan gelas lalu masukkan soda kue, pewarna merah dan air kemudian aduk hingga semua cairan tercampur.
  3. Masukkan semua cairan ke dalam replika gunung meletus kecuali cuka.
  4. Yang terakhir masukkan cuka ke dalam replika.
  5. Begitu cuka dimasukkan, gunung akan meletus mengeluarkan cairan merah menyerupai lahar. Namun tidak panas sungguhan tentunya.

Eksperimen sederhana sains di atas bisa menjadi referensi belajar untuk siswa sehingga tidak merasa jenuh atau membosankan bahkan membuat kepala pusing. Dengan biaya yang murah serta bisa dilakukan di rumah, eksperimen sederhana sains juga menjadi pembelajaran utama di sekolah.